Kreatifitas dan Inovasi, Lebih Susah Inovasi.

Kali ini mari kita membahas creativity and innovation. Creativiy and innovation merupakan sebuah kata yang sering kita temukan di dunia bisnis saat ini. Sebegitu pentingnya creativity and innovation membuat banyak orang berargumen bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan tanpa dua hal tersebut. Bahkan ayah saya pun telah menggantungkan bisnisnya kepada inovasi, ia melakukan transformasi terhadap perusahaan agar menanamkan nilai bahwa inovasi adalah ‘roh’ dari perusahaannya.

Sebenarnya apa itu creativity and innovation? Banyak orang yang mengaggap kedua hal tersebut adalah hal yang sama dan tidak dapat dipisahkan. Walau memang sebenarnya kedua hal tersebut adalah hal yang berkaitan dan memiliki kesamaan yaitu, proses menciptakan dan mengaplikasikan pengetahuan baru, kreatifitas dan inovasi memiliki perbedaan.

Inovasi adalah sebuah kata eksternal. Inovasi dapat diukur dan biasanya berbicara mengenai hal yang telah dites dengan seksama dan dapat berfungsi di kehidupan nyata.

Kreatifitas di lain hal, adalah kata yang lebih bersifat internal. Kreatifitas bersifat subjektif, lebih sulit diukur dan lebih sulit diartikan. Kreatifitas adalah perjalanan “kedalam” bukan “keluar”.

Orang-orang cenderung selalu menggukan kata kreatifitas dan innovasi bersamaan. Sangat jelas bagi kita mengenai hubungannya. Kreatifitas adalah memunculkan ide-ide cemerlang, lebih mirip dengan R&D, dan semua orang adalah kreatif, semua orang memiliki ide-ide cemerlang. Sebuah organisasi memiliki lebih banyak ide-ide cemerlang daripada yang dapat mereka implementasikan atau dilepas ke pasar. Inovasi di lain hal, adalah kreatifitas yang diimplementasikan. Inovasi adalah mengambil ide-ide kreatif dan melepaskannya ke dunia sehingga hal tersebut dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik.

Kreatifitas, memunculkan ide-ide baru, tidaklah cukup. Kita membutuhkan inovasi, pengambilan ide-ide baru atau ide-ide yang telah ada dan mengaplikasikannya ke sebuah aksi. Memunculkan ide-ide baru adalah “makanan” dari inovasi. Inovasi adalah hal yang lebih sulit dari kreatifitas, karena memunculkan ide-ide adalah bebas dan tidak bersyarat namun mengaplikasikannya ke dunia nyata membutuhkan research yang jauh lebih sulit mengenai apakah ide baru tersebut dapat diterima dan berfungsi di dunia nyata dan bagaimana mengubah ide tersebut menjadi sebuah produk atau service.

Sangatlah penting untuk membedakan kreatifitas dan inovasi karena kedua hal tersebut memiliki proses yang berbeda, resikonya berbeda, permulaan yang berbeda, memiliki iklim yang berbeda, dan memiliki konsekuensi yang berbeda.

Dengan kata lain,

Creativity = Ideas

Inovation = Ideas + Action

Sekian,

Et ducit mundum per luce,

Prawedhi

Iklan

About prawedhi

Mahasiswa SBM-ITB 2011
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s