Most important innovation

Salah satu inovasi yang impactnya paling penting buat saya adalah :

Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

Dengan skype, saya dapat menghubungi pacar saya yang sedang studi di Amerika, kapan saja tanpa biaya sepuas mungkin (walau sebenarnya tetap bayar biaya internet, tapi internet kan sudah jadi kebutuhan dasar jadi ya irrelevant lah)! Sungguh inovasi yang luar biasa! Yang lebih hebatnya lagi, entah kenapa, setiap kali menggunakan aplikasi skype ini, tidak pernah saya rasakan yang namanya lag atau gangguan koneksi, semuanya lancar! Jadi benar2 nyaman berhubungan menggunakan skype

Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

Skali lagi innovasi yang luar biasa dilakukan oleh skype, yaitu peluncuran aplikasi skype untuk Iphone!

Kenapa luar biasa? Karena skarang telfonan atau video call menggunakan Iphone menjadi gratis bagi sesama pengguna skype! Saya jadi bisa video chat dengan pacar saya di Amerika kapan saja dengan gratis (ya skali lagi sih tetep bayar biaya internet per bulan, tapi pake bb jg bayar internet per bulan kan? daripada bbman mending video chat+telfon gratis dong)! Bayangkan jika semua orang sudah mulai memakai skype di setiap handheldnya, telfonan jadi bener2 gratis ke smua orang!

 

Iklan

About prawedhi

Mahasiswa SBM-ITB 2011
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s