Wish Upon a Star

Kita akan membahas mengenai mimpi di post kali ini. Tp sebelumnya mari kita berpikir sejenak, kapan sih terakhir kita bermimpi dan mewujudkannya? Mungkin kita sudah lama tidak bermimpi karna begitu banyaknya masalah yang kita hadapi saat ini. Terlalu lama kita terkurung di kehidupan nyata ini dan kita lupa akan masa indah kanak2 kita, dimana kita masi banyak bermimpi. Begitu banyak keinginan yang ingin kita wujudkan sewaktu kita kecil, namun dengan sejalannya waktu, kita lupa akan itu smua. Mungkin sudah terlalu banyak kita terkecewakan dengan mimpi kita. Mimpi kita dijatuhkan dengan keadaan dunia nyata dan sejak saat itu kita menjadi takut untuk bermimpi. Tapi teman2, jangan lah kita berhenti bermimpi. Karna mimpi hanya akan kita dapat dengan perjuangan.

Saya selalu diajarkan untuk bermimpi oleh ayah saya. Mulai dari kecil, saya bermimpi untuk kuliah di ITB, dan mimpi itu selalu saya pertahankan. Dan saya yakin teman2 pun juga seperti itu. Saya yakin, sebagian besar kita yang kuliah di ITB pasti sudah memimpikannya sejak kecil. Karna kita bermimpi itu, maka kita perjuangkan mimpi tersebut dan lihat hasilnya, kita semua sekarang duduk bersebalahan di bangku ITB. Nah makanya kita harus berani bermimpi lebih besar lagi karna itu akan menjadi landasan perjuangan kita. Tanpa mimpi, tidak akan ada yg kita perjuangkan dan hidup kita akan menjadi tidak ada arti.

NTT DoCoMo, merupakan salah satu perusahaan yang memiliki mimpi yang tinggi. Video dibawah ini adalah visi mereka untuk tahun 2020.

NTT DoCoMo, sebuah perusahaan komunikasi Jepang, memiliki mimpi untuk menyatukan manusia dengan teknologi komunikasi. Setiap orang, walau berbeda jarak dan waktu, dapat berkomunikasi seakan mereka bertemu langsung. Dari sebuah mimpi tersebut, mereka dapat lebih meluaskan lagi aplikasinya sehingga dapat menyelesaikan masalah2 yang lebih kompleks lagi seperti management Global Waste dan CO2 Emission. Itulah salah satu kekuatan bermimpi, dengan bermimpi tinggi, tidak ada batas bagi kita untuk berpikir dan kita akan semakin terpacu untuk menemukan ide2 lainnya yang lebih hebat lagi.

NTT DoCoMo memiliki determinasi yang tinggi untuk merealisasikan mimpi tersebut di tahun 2020. Untuk beberapa orang, mereka berkata hal itu adalah mustahil. Sayangnya, orang2 tersebut tidak memiliki mimpi yang tinggi. Karna inti bermimpi tinggi bukanlah untuk berhasil mewujudkannya atau tidak. Yang terpenting adalah kita berjuang untuk mimpi tersebut. Dalam perjuangan kita mencapai mimpi tersebut akan ada banyak hal yang dapat menjadi pelajaran yang tak ternilai untuk kita. Dan itu adalah esensi sebenernya. Walaupun kita gagal, kegagalan kita tidak akan jauh dari mimpi tersebut. Ayah saya selalu berkata, bermimpi lah tinggi sehingga jika gagal, tidak akan jauh2 dari situ. Seperti contohnya ayah saya, ia selalu bermimpi untuk menjadi presiden Indonesia. Walaupun ia tidak berhasil menjadi presiden Indonesia, ia telah berhasil menjadi presiden direktur sebuah perusahaan yang cukup besar di Indonesia dan mendapatkan gelar Entrepreneur of The Year oleh Ernst n Young.

Contoh lainnya adalah salah satu Idol saya, seorang yang bernama Tom Delonge.

Tom Delonge

Tom Delonge dilahirkan di sebuah keluarga broken home dimana ayahnya tidak peduli terhadap keluarganya dan sering sekali membawa wanita tidak dikenal kerumahnya ke depan dirinya dan ibunya. Ia sering melihat ibunya menangis. Pada umur 16 tahun, ia dikeluarkan dari sekolahnya dan ayahnya meninggalkan keluarganya. Sejak saat itu ia bermimpi untuk menjadi orang hebat dan mengeluarkan ibunya dari kekacauan tersebut. Dengan gitarnya, ia berhasil membuat sebuah band bernama Blink 182 dan menjadi salah satu band paling terkenal di jagad raya hingga saat ini. Saat keinginannya tercapai, Tom tidak berhenti bermimpi. Selama perjalanannya dia di dalam Blink 182, ia menemukan bahwa banyak sekali anak2 yang mengalami nasib seperti dia. Sejak saat itu, ia bermimpi lebih tinggi lagi. Ia bermimpi untuk menjadikan dunia sebuah tempat yang indah. Ia membuat band baru bernama Angels and Airwaves yang memiliki misi “To Heal the World”. Berikut adalah salah satu lirik dari lagunya.:

If I had my own world
I’d fill it with wealth and desire
A glorious past to admire
And voices of kids out walking dogs,
Birds, planes, trees and cars

If I had my own world
I’d love it for all that’s inside it
There’d be no more wars, death or riots
There’d be no more police, packed parking lots,
Guns, bombs sounding off

If I had my own world
I’d build you an empire
From here to the far lands
To spread love like violence ( as fast as violence spread)

Let me feel you, carry you higher
Watch our words spread hope like fire
Secret crowds rise up and gather
Hear your voices sing back louder 

If I had my own world
I’d show you the life that’s inside it
The way that it glows when you find it
The way it survives with it’s families,
Friends or it’s enemies

Let’s make this a new world
I swear you can go if you want to
I know that you have it within you
Inventing the first clean and usable,
God’s greatest miracle

Di lirik tersebut dapat dilihat bahwa Tom memiliki mimpi untuk menciptakan sebuah dunia yang sangat indah dan harmonis, dimana semua orang yang tinggal di dunia tersebut dapat menemukan kebahagiaan dan ketenangan. Walaupun sampai saat ini mimpi tersebut belum dapat terwujudkan, Tom telah berhasil menyelamatkan banyak hidup orang melalui lagu2 dan lirik Angels and Airwaves. Terdapat sebuah cerita bahwa suatu hari Tom sedang menunggu pesawatnya di bandara, dan kemudian muncul 2 orang mendatanginya. Kedua orang tersebut adalah fans Angels and Airwaves dan meminta Tom untuk berfoto bersama mereka. Namun yang spesial adalah kedua orang tersebut merupakan sebuah veteran perang. Satu orang duduk di kursi roda karna kehilangan satu kakinya dan satu orang yang lain kehilangan tangannya. Disaat mereka berfoto, kedua fans tersebut menangis dan berkata kepada Tom, mereka mengatakan bahwa jika bukan karna lagu yang telah dibuatnya, mereka sudah pasti tidak akan menemukan semangat untuk hidup lagi. Lagu2 dari AVA telah memberikan mereka kekuatan lagi untuk tetap hidup dan berjuang, bahwa kekurangan mereka bukanlah halangan bagi mereka untuk bermimpi. Ya, walaupun tom belum berhasil menciptakan dunia yang diinginkannya, namun dia telah berhasil menyelamatkan nyawa orang. Sebuah hasil yang sangat luar biasa, dimana semua itu berawal dari mimpi. Dengan bermimpi tinggi, walau gagal, kita akan tetap menghasilkan sesuatu.
Itulah teman2, kekuatan dari sebuah mimpi. Teruslah bermimpi dan perjuangankan mimpi kalian.
Sekian dari saya, Et ducit mundum per luce
Prawedhi 19008013
Iklan

About prawedhi

Mahasiswa SBM-ITB 2011
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s