Perjalanan Kreatif Satu Semester

Tiba sudah kita di penghujung kelas CI ini. Mengikuti kelas creativity and innovation telah membuka banyak cara berpikir baru kepada saya. Berikut adalah pelajaran yang saya dapat dari kelas CI

  • Confident – Di kelas ini saya belajar mengenai keberanian untuk mengekspresikan ide. Kebanyakan orang selama ini takut untuk mengekspresiken idenya ke orang-orang karna berbagai hal seperti takut idenya dianggap jelek, takut salah, takut dicemooh, dll. Namun di kelas CI ini kami sebagai murid selalu dimotivasi untuk mengeluarkan ide kami, dan seaneh atau sejelek-jeleknya ide yg kami keluarkan, dosen, tutor atau teman-teman selalu memberikan apresiasi. Hal ini yang membuat saya jadi terus berani mengeluarkan ide saya, seaneh apapun dan menjadi semakin semangat untuk mengeksplorasi ide-de baru. Pak Agus selalu bercerita bahwa tidak pernah ada ide yang salah, begitu juga dengan dosen tamu Adi Panuntun pun berkata demikian dan memang bahkan banyak contoh-contoh yang mereka berikan bahwa ide-ide yang awalnya di anggap konyol yg menjadi sebuah breakthrough hingga saat ini seperti Aqua dan Teh Botol Sosro.
  • Creative Thingking – Berpikir out of the box. Satu kalimat yang sangat tertanam di kepala saya setelah menjalani kelas C&I ini. Pak Agus dan kak Adi Panuntun telah banyak memberikan pelatihan dan contoh cara berpikir yang out of the box. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah untuk menghilangkan asumsi-asumsi awal yang muncul dari diri kita sendiri. Asumsi awal yang muncul di benak kita sering kali menghambat kita untuk berpikir lebih lanjut. Contoh soal yang mengenai cara menyeberangi sungai dengan sebalok kayu merupakan case yang menarik karna ternyata banyak sekali cara untuk melewati sungai tersebut selain cara biasa seperti menggunakan kayu itu sebagai jembatan. Soal-soal seperti membagi kotak-kotak menjadi bagian yang sama besar dengan garis juga merupakan case yang menarik.
  • High Dreams – Di kelas ini, Pak Agus sering sekali memberikan video-video yang inspiratif. Salah satu video favorit adalah video dari perusahaan DoCoMo yang menunjukan visinya di masa depan. Visi DoCoMo sangat lah luar biasa, mereka berani menunjukan mimpi mereka dan menunjukan bahwa mereka akan dapat menggapai mimpi tersebut. Hal ini benar2 memotivasi saya untuk bermimpi tinggi dan jangan takut untuk gagal. Karna tujuan dari mimpi tinggi adalah bukan berhasil atau gagal, namun untuk selalu berusaha sebaik mungkin untuk mencapai mimpi tersebut. Bermimpi tinggi membuat mindset kita juga untuk menggapai sesuatu yang tinggi, dengan berusaha menggapai sesuatu yang tinggi  kita akan berusaha sekuatnya dijalan yang sudah kita tetapkan tersebut.
  • Inovasi – Di kelas CI ini saya juga belajar banyak mengenai inovasi. Mulai dari perbedaan inovasi dengan kreatif, hingga berbagai macam inovasi yang dapat kita lakukan. Inovasi tidak hanyak dapat dilakukan di end-product saja, namun juga di process, service dan business model. Ini membuka pikiran saya lebih lanjut lagi mengenai cara melakukan inovasi yang baik dan bukan asal2an.
  • Fun – Sebelum mengikuti kelas ini, saya selalu menilai diri saya sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan kreatifitas yang tinggi. Menurut saya hal-hal seperti analytical thinking atau sistematis merupakan keunggulan saya dan kreatif benar2 bukan bidang saya. Sehingga dulu jika saya disuruh untuk melakukan brainstorming atau mengeluarkan ide, malas adalah kata pertama yang muncul di benak saya. Saya tidak pernah suka berpikir yang tidak sistematis atau aneh2. Namun setelah mengikuti kelas ini, berpikir kreatif atau mengeksplorasi ide-ide telah menjadi hal yang menyenangkan untuk saya. Dan sekarang jika saya mendapatkan tugas yang menuntut saya untuk berpikir kreatif, kata pertama yang muncul adalah “seru nih!”
  • Do what you like! – Salah satu dosen tamu kita, Pak Budi Rahardjo benar-benar telah membuka mata saya. Kesan saya kepada dosen tamu ini adalah beliau benar-benar luar biasa menikmati hidup. Karakteristiknya sangat jenaka dan humoris, sangat menyenangkan dalam mengajar. Pelajaran yang benar-benar saya dapat dari beliau adalah untuk menjalankan hal yang kita senangi, karna dari itu pekerjaan akan menjadi sangat menyenangkan. Beliau tampak happy sekali dalam hidupnya, seakan tidak ada beban dan semua masalah tampak hanya lelucon bagi dia. Bahkan beliau berkata bahwa, jika dia meninggal saat ini, dia dapat meninggal dengan bahagia hanya karna satu alasan yaitu, beliau telah menjalani hidupnya dengan melakukan semua hal yang ia gemari.

Banyak sekali hal-hal lain yang saya dapatkan dari kelas CI ini dan telah membantu saya berkembang menjadi individu yang lebih baik lagi. Sungguh luar biasa metode yang Pak Apiq gunakan di kelas ini. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, berasal dari lubuk hati yang paling dalam mengakui bahwa saya telah berkembang, kepada Pak Agus Nggermanto, dosen tercinta kita, Kak Bayu Ningrat, tutor yang sangat baik hati serta dosen-dosen tamu yang telah menularkan pikiran kreatifnya kepada kita Kak Adi Panuntun dan Pak Budi Rahardjo. Terima kasih atas perjalanan kreatif yang luar biasa ini.

About prawedhi

Mahasiswa SBM-ITB 2011
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

